PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI SERTA DISPOSISI MATEMATIS

Main Author: LIA AGUSTINA, 1423021032
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55239/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55239/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55239/3/TESIS%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55239/
Daftar Isi:
  • Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang mampu membekali siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, sistematis, logis, dan kreatif. Pembelajaran yang berlangsung di SMA Negeri 15 Bandar Lampung belum mendorong siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menyikapi belum tercapainya kemampuan berpikir tersebut adalah penggunaan bahan ajar seperti Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat sehingga dapat mengasah kemampuan berpikir siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis masalah guna meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, komunikasi, dan disposisi matematis siswa. LKPD berbasis masalah ini telah memenuhi standar kelayakan isi, desain, dan bahasa berdasarkan hasil validasi ahli materi, desain, dan evaluasi pembelajaran. Pada tahap uji keterbacaan dan kelompok Lia Agustina terbatas, LKPD berbasis masalah ini termasuk dalam kategori baik dari aspek tampilan, penyajian materi, dan manfaat. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, tes berpikir kreatif dan komunikasi matematis, serta skala disposisi matematis. Tes dan skala diberikan pada saat pembelajaran terakhir (post-test only). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi serta disposisi matematis siswa. Hasil tes menunjukkan bahwa 73,33% (tes kemampuan berpikir kreatif) dan 70% (tes kemampuan komunikasi) siswa telah mencapai nilai di atas KKM 70. Sedangkan disposisi matematis siswa meningkat setelah menggunakan LKPD berbasis masalah. Kata kunci: LKPD berbasis masalah, berpikir kreatif, komunikasi, disposisi matematis. ABSTRACT Mathematics is one of the subjects that is able to equip students to develop the ability of thinking critically, systematically, logically, and creatively. Learning that took place at Bandar Lampung High School 15 did not encourage students to develop these thinking skills. One effort that can be done to address the lack of achievement of thinking skills is the use of teaching materials such as student worksheet (LKPD) by using the right learning model so that they can hone students' thinking skills. This development research aims to develop student’s worksheet based on problem to improve creative thinking, communication, and mathematical dispositions. This student’s worksheet based on problem has met the standards of eligibility for content, design, and language based on the results of material expert validation, design, and learning evaluation. At the readability and limited group stages, this student’s worksheet based on problem is included in the categories both in terms of appearance, presentation, and benefits. The subject of this study was the eleventh grade students of Bandar Lampung State High School 15. The research data was obtained through interviews, observations, tests of creative thinking and mathematical communication, and mathematical disposition scales. Tests and scales are given at the last meeting (post-test only). The results of the study show that student’s worksheet based on problem can improve creative thinking, communication skills, and mathematical dispositions of students. The test results showed that 73.33% (tests of creative thinking ability) and 70% (communication skills tests) students had reached score that is above Lia Agustina KKM 70. While students' mathematical dispositions increased after using student’s worksheet based on problem. Keywords: student’s worksheet based on problem, creative thinking, communication, mathematical disposition.