ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK SMARTPHONE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fisip Pengguna Smartphone Non Samsung Ke Smartphone Samsung)

Main Author: SEPMUTIA MARBUN L.G , 1116051075
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55230/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55230/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55230/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55230/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan perpindahan merek dari empat variabel yaitu kualitas produk, harga, ketidakpuasan konsumen dan keputusan perpindahan merek (brandswitching). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FISIP Universitas Lampung dengan sampel sebanyak 97 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu Probability sampling dengan metode proportional simple random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis faktor. Hasil penelitian ini merotasikan variabel sebelumnya yaitu kualitas produk, harga, ketidakpuasan konsumen dan keputusan perpindahan merek menjadi tiga faktor yaitu kepercayaan merek, pengalaman merek dan harga. Hasil analisis faktor menunjukkan kepercayaan merek menjadi faktor utama penentu keputusan perpindahan merek selanjutnya pengalaman merek dan harga. Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil uji analisis faktor yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa faktor kepercayaan merek, pengalaman merek, dan harga menjadi faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi keputusan perpindahan merek. Faktor kepercayaan merek memberikan kontribusi sebesar 4,895, faktor pengalaman merek memberikan kontribusi sebesar 2,131 dan faktor harga memberikan kontribusi sebesar 1,285. Dimana ke tiga faktor tersebut memberikan kontribusi sebesar 69,275% dalam memprediksi brand switching, sedangkan sisanya 30,725% merupakan pengaruh dari faktor lain yang tidak diamati oleh penelitian ini. Kata kunci : Keputusan Perpindahan Merek, Kualitas Produk, Harga, Ketidakpuasan Konsumen, Kepercayaan Merek, Pengalaman Merek. abstract Abstract: This study aims to analyze the factors that influence the decision of brand transfer from four variables, namely product quality, price, consumer dissatisfaction and brand switching decisions. The population in this study were students of FISIP Lampung University with a sample of 97 respondents. The sampling technique used is probability sampling with propotional simple random sampling method. The data analysis method used is factor analysis. The results of this study rotate the previous variables namely product quality, price, consumer dissatisfaction and the decision to move the brand into three factors, namely brand trust, brand experience and price. The result of factor analysis shows that brand trust is the main factor determining the decision to move the brand and then the brand experience and price. The conclusion of this study is that based on the results of the factor analysis test, it can be concluded that the brand trust factor, brand experience, and price are factors that significantly influence the brand transfer decision. Brand trust factor contributes 4,895, brand experience factor contributes 2,131 and price factor contributes 1,285. Where the three factors contribute 69.275% in predicting brand switching, while the remaining 30.725% is the influence of other factors not observed by this study. Keywords : brand switching, quality of products, price, consumer dissatisfaction, brand trust, brand experience.