PENGEMBANGAN BUKU TEKS WARAHAN MELALUI MODEL MULTILITERASI UNTUK SISWA KELAS X SMA

Main Author: Yunita Fitri Yanti , 1623045001
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55202/1/1.%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55202/4/2.%20TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55202/5/3.%20TESIS%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55202/
Daftar Isi:
  • PENGEMBANGAN BUKU TEKS WARAHAN MELALUI MODEL MULTILITERASI UNTUK SISWA KELAS X SMA Oleh Yunita Fitri Yanti ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan, kelayakan, dan efektivitas buku teks warahan melalui model multiliterasi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk bahan ajar buku teks warahan melalui model multiliterasi dan mendeskripsikan kelayakan serta efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dalam bentuk siklus. Prosedur penelitian dilaksanakan dengan tiga tahap yakni identifikasi masalah dari pengetrapan model, penyempurnaan model melalui refleksi, pengujian model di lapangan, pengumpulan data melalui pengamatan, dan kembali lagi ke identifikasi masalah menurut Setiyadi sehingga didapat produk oprasional berupa buku teks warahan. Penelitian ini dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket pada sekolah SMAN 4 Bandar Lampung pada tahun 2018/2019. Validasi rancangan produk dilakukan oleh ahli/pakar yang relavan dan penilaian teman sejawat, kemudian diujicobakan kepada siswa SMA tersebut. Hasil penelitian ini berupa buku teks warahan melalui model multiliterasi untuk siswa kelas X SMA, kelayakannya dan keefektifan buku teks. Berdasarkan hasil penilaian yang diperoleh dari ahli, praktisi/teman sejawat dan siswa diperoleh hasil uji ahli kelayakan isi sebesar 75%, kelayakan bahasa memperoleh nilai 75%, kelayakan penyajian nilai 69,4, dan kelayakan kegrafikan dengan nilai 72,7% dengan kategori layak. Uji kelayakan buku teks oleh praktisi, guru Bahasa Lampung pada kelas X di SMAN 4 Bandar Lampung mendapat nilai rata-rata 88,45% dengan kategori layak. Uji coba produk pada kelas mendapat nilai rata-rata 87,1% dengan kategori layak. Efektivitas buku teks warahan dapat dilihat berdasarkan peningkatan hasil belajar siswa kelas X Mia 1 dan X Mia 3 sebesar 60,1% dari bahan ajar sebelum dikembangkan. Berdasarkan angket uji kelayakan dan penggunaan buku teks warahan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa buku teks warahan melalui model multiliterasi layak untuk digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa kelas X SMA. Kata Kunci: Buku Teks, Model Multiliterasi dan Warahan