PENGARUH PENERAPAN MODEL ARGUMENT DRIVEN INQUIRY (ADI) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP BERDASARKAN PERBEDAAN JENIS KELAMIN
Main Author: | LAYA NAZILA , 1413022040 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55171/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55171/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55171/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55171/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa perempuan dan laki-laki pada kelas yang menggunakan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.5 SMPN 13 Bandarlampung yang terdiri atas 30 siswa kelas VIII.1 dan 30 siswa kelas VIII.5. Sampel diambil menggunakan teknik purposive dengan melihat kelas yang jumlah siswa perempuan dan laki-lakinya sama. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan Pretestposttest Control Group Design dan teknik pengumpulan data keterampilan berpikir kritis menggunakan pretest-posttest yang mengacu pada 5 kriteria berpikir kritis menurut Ennis. Data dianalisis secara deskriptip menggunakan SPSS 21 dengan menggunakan Independent iii Laya Nazila Sample T-Test untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan setelah penerapan model Argument Driven Inquiry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa perempuan yang ditunjukkan dengan nilai sig. sebesar 0,0001 (2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa laki-laki yang ditunjukkan dengan nilai sig. sebesar 0,000 (3) tidak terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa perempuan dan laki-laki yang menggunakan model ADI yang ditunjukkan dengan nilai sig. sebesar 0,725. Artinya, penerapan model Argument Driven Inquiry berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa berjenis kelamin perempuan maupun laki-laki namun tidak terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa perempuan dan laki-laki. Kata Kunci: Argument-Driven Inquiry (ADI), Keterampilan Berpikir Kritis, Jenis Kelamin.