UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJARPESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 46GEDONGTATAAN
Main Author: | SEVI ARISANI, 1513069063 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55158/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55158/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55158/3/3.%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55158/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJARPESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 46GEDONGTATAAN Oleh SEVI ARISANI Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 46 Gedong Tataan, Pesawaran. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 46 Gedong Tataan, Kecamatan Gedong Tataan pada pelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitan ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus terdiri dari dua pembelajaran. Setiap akhir pembelajaran dilakukan evaluasi hasil belajar peserta didik yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas peserta didik, tes akhir, dan dokumentasi. Analisis penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatifdan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 46 Gedong Tataan, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, model pembelajaran berbasis masalah. ABSTRACT THE EFFORT TO IMPROVE STUDENTS’ LEARNING ACTIVITIES AND LEARNING OUTCOMES THROUGH PROBLEM BASED LEARNING MODEL IN MATH AT GRADE IV SDN 46 GEDONG TATAAN By SEVI ARISANI The problem in this study is the low activity and learning outcomes of students’ grade IV SDN 46 Gedong Tataan, Gedong Tataan Sub-district in Math through Problem Based Learning model. The method of this study was classroom action research. This study was conducted in two cycles, and each cycles consisted of two lessons. Every end of learning is done evaluation of students’ learning outcomes that consist of 24 students. Data collection technique of this study was using students’ observation sheet, final test, and documentation. The research analysis was using descriptive and qualitative analysis. The results of this study showed that the application of Problem Based Learning can improve students’ activity and learning outcomes of grade IV SDN 46 Gedong Tataan, Gedong Tataan Sub-district, Pesawaran district. Key words : learning activities, learning outcomes, problem based learning.