STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2017/2018

Main Author: Josua Fernando, 1413033034
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55156/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55156/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55156/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55156/
Daftar Isi:
  • Seorang guru memiliki peran penting dalam menentukan keberhasilan suatu pembelajaran. Guru diharapkan mampu menumbuhkan motivasi dalam diri siswa dan membuat siswa tertarik pada mata pelajaran yang disampaikan sehingga mendorong siswa untuk aktif belajar. Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh karena itu, seorang guru dituntut untuk terampil dan variatif dalam menggunakan model-model pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan agar menunjang terciptanya kegiatan belajar mengajar yang efektif. Dengan menggunakan model pembelajaran problem posing dan model pembelajaran problem solving diharapkan peserta didik lebih aktif dalam proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajar menggunakan model pembelajaran problem posing dengan model pembelajaran problem solving pada mata pelajaran Sejarah kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah tahun ajaran 2017-2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan jenis experimental design dan bentuk posstest only control design. Sampel berjumlah 34 siswa ,pengambilan sampel menggunakan random sampling. Data yang telah terkumpul diolah secara manual menggunakan rumus uji T. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran problem posing dengan model pembelajaran problem solving pada pembelajaran sejarah. Rata-rata hasil belajar model pembelajaran problem posing lebih tinggi sebesar 78,11 dibandingkan model pembelajaran problem solving 76,11 Hal ini menunjukkan pembelajaran dengan model pembelajaran problem posing lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Problem Posing, Model Pembelajaran Problem Solving