PENGARUH DIMENSI KETERAMPILAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA INDUSTRI PERBANKAN DI BANDAR LAMPUNG
Main Author: | RIZKI AMALIA TANUM, 1421011031 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55147/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55147/2/2.%20TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55147/3/3.%20TESIS%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55147/ |
Daftar Isi:
- ABSTRACT THE EFFECT OF COMMUNICATION SKILL DIMENSION ON EMPLOYEES’ PERFORMANCE OF BANKING INDUSTRY IN BADAR LAMPUNG By Rizki Amalia Tanum Service companies are one of the most dominant sector in providing employment and significant growth of economic. This growth was caused by technology and communication system, which resulted an increase of service industry. Service industry, such as banking are one of industries that require cummunication skill in maintaining customers loyalty. Seeing that communication skill become one consideration of company in looking for employees showed in every advertisement which always require the participants having good communication skill, this research aims to indentify whether communication skill demensions influence to employees’ performance. This research is qualitatif study involved 170 respondents. The data collecting technique in this research was questionnaire with SPSS version 25.0 analysis tools. The result shows that all hypothesis are actual. Partial test shows that seven communication dimensions were influential toward the performance. From those dimensions, “protection” reached the highest score; it indicated that “protection” was the most dominant dimension which influenced the performance among the other. The result of t partial test shows that self-disclosure variable gained the lowest influence score, so that the researcher suggests banking industry to look for an appropriate communication way in order to express what company wants through the communication of front-liner to the customer, increase good relation to the customer by providing the best service, and also increase the employees’ intellectual skill by giving the marketing of communication training. In communicating, the hardest thing to do is influencing the customer through employees’ performance, persuasive communication way become a challenge to employees in attracting the customers. Keywords: communication skill, communication, performance. ABSTRAK PENGARUH DIMENSI KETERAMPILAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA INDUSTRI PERBANKAN DI BANDAR LAMPUNG Oleh Rizki Amalia Tanum Perusahaan jasa merupakan salah satu sektor yang paling dominan dalam penyerapan tenaga kerja serta memberikan pertumbuhan ekonomi yang signifikan. Pertumbuhan tersebut diakibatkan oleh sistem teknologi dan komunikasi, yang mengakibatkan meningkatnya industri jasa. Industri jasa seperti Perbankan merupakan salah satu industri yang sangat memerlukan keterampilan komunikasi dalam mempertahankan loyalitas nasabahnya. Melihat bahwa kemampuan komunikasi menjadi bahan pertimbangan sebuah perbankan dalam mencari calon karyawan yang terlihat dalam setiap lowongan pekerjaan perbankan yang selalu memberi syarat memiliki kemampuan komunikasi yang baik maka tujuan dari penelitian ini adalah apakah dimensidimensi keterampilan komunikasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan total 170 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alat analisis SPSS versi 25.0. Hasil uji menunjukkan bahwa seluruh hipotesis terdukung. Uji secara parsial menunjukkan bahwa ketujuh dimensi komunikasi masing-masing juga berpengaruh terhadap kinerja. Dari ketujuh dimensi komunikasi tersebut yang memiliki nilai tertinggi adalah proteksi dengan kata lain proteksi yang paling dominan mempengaruhi dibandingkan dimensi-dimensi komunikasi lainnya. Menurut hasil uji parsial t bahwa variabel keterbukaan diri memiliki nilai pengaruh paling rendah, maka dengan ini peneliti menyarankan agar perusahaan perbankan mencari cara berkomunikasi yang tepat untuk mengekspresikan dengan jelas apa yang perusahaan inginkan melalui komunikasi yang terbuka dari karyawan frontliner terhadap nasabah, perlu meningkatkan hubungan baik dengan nasabah dengan memberikan pelayanan yang terbaik serta meningkatkan pengetahuan pekerjaan misalnya dengan memberikan pelatihan-pelatihan komunikasi marketing bagi karyawan. Didalam komunikasi memang hal tersulit adalah mempengaruhi nasabah dengan perilaku karyawan, cara komunikasi yang persuasif menjadi tantangan sendiri bagi karyawan untuk menarik nasabah. Kata Kunci : keterampilan komunikasi, komunikasi, kinerja