PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKANAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 3 SIMBARWARINGIN
Main Author: | HENDRI PRATAMA PUTRA , 1113053048 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55133/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55133/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55133/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55133/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 3 Simbarwaringin. Diketahui hanya 13 orang dari 30 orang siswa atau 43,33% orang siswa mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 66. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode pembelajaran role playing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu; 1) perencanaan: peneliti membuat perangkat pembelajaran dan menyiapkan materi yang akan digunakan dengan menggunakan metode pembelajaran role playing, 2) pelaksanaan: 3) observasi dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran role playing berdampak pada peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase ketuntasan aktivitas siswa 66,66%% (aktif) dan pada siklus II menjadi 90,00% (aktif). Dengam kriteria ketuntasan minimal hasil belajar siswa siklus I 68,96 dengan ketuntasan 66,66%. Dan pada siklus II meningkat menjadi 76,13 dengan ketuntasan 90,00%. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, dan metode pembelajaran role playing