PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PQ4R UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA

Main Author: HERLIN NOVALIA , 1423021025
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55107/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55107/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55107/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55107/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui model pengembangan modul matematika dengan strategi PQ4R serta melihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa SMA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 6 Bandar Lampung. Hasil studi pendahuluan menunjukkan adanya kebutuhan untuk dikembangkan modul pembelajaran. Penyusunan dan pengembangan modul dilakukan dengan menyusun draft modul dan semua komponennya berdasarkan panduan penulisan modul. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul telah memenuhi standar kelayakan media dan materi. Hasil uji coba terbatas pada kelompok kecil menunjukkan bahwa modul termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji lapangan dalam penelitian ini berupa modul matematika pada materi polinomial untuk jenjang SMA. Data penelitian uji coba terbatas pada kelompok besar diperoleh melalui instrumen kemampuan berpikir kreatif dan skala kemandirian belajar siswa. Hasil uji proporsi peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan modul menunjukkan siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Kemandirian belajar siswa setelah menggunakan modul matematika tidak menunjukkan perubahan yang signifikan Kata kunci : berpikir kreatif, kemandirian belajar, dan modul pembelajaran. ABSTRACT This research is a research development that aims to find out the mathematics module development model that using PQ4R strategy and observing the improvement of creative thinking skills and self-regulated learning by using mathematics learning module and applying PQ4R strategy. The subjects of this study were XI grade students of SMA N 6 Bandar Lampung. The results of the preliminary study indicate the need to develop a learning module. The preparation and development of modules is done by drafting modules and all components based on module writing guidelines. The validation results show that the module has met the media and material feasibility standards. The results of limited trials in small groups indicate that modules are included in the excellent category. The results of the field test in this study were mathematical modules on polynomial material for high school level. The research data was obtained through instruments of creative thinking skills and self-regulated learning scale. The proportion test results towards the effectiveness of modules usage show the students have met the minimum completeness criteria in the creative thinking skills. Self- regulated learning student after using the mathematics module does not show a significant change. Kata kunci : Creative thinking, self-regulated learning, and module.