PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN KERJA DAN KONSEP DIRI TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD NEGERI
Main Author: | RUSNELI , 1523012019 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55093/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55093/2/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55093/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55093/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis dan mengatahui pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah, disiplin kerja dan konsep diri terhadap kompetensi Profesional Guru SD Negeri Di Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan. Baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian termasuk dalam penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 103 guru yang terbagi ke dalam 10 Sekolah Dasar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini seluruh guru SD Negeri yang berada di Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan yang berjumlah 82 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan kuisioner. Analisis yang digunakan adalah statistic deskriptif dan inferensial dengan menggunakan model regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kompetensi profesional guru , terdapat pengaruh disiplin kerja terhadap kompetensi profesional terdapat pengaruh konsep diri terhadap kompetensi profesional dan terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, disiplin kerja, dan konsep diri terhadap kompetensi profesional guru Sekolah Dasar Negeri. Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah , disiplin kerja, konsep diri, kompetensi profesional guru abstract the purpose of this research is to know and analyze the influence of headmaster's leadership, work discipline and self-concept to the competence of teacher professional elementary school in district Baradatu Way Kanan regency. either partially or simultaneously. Research is included in quantitative descriptive research. the population in this study amounted to 103 teachers who were divided into 10 elementary schools. the sample used in this study all teachers of state elementary school located in district baradatu kabupaten way kanan which amounted to 82 teachers. the data were collected by questionnaire. the analysis used is descriptive and inferential statistic by using multiple linear regression model. The result of the research shows that there is influence of headmaster's leadership toward teacher professional competence, there is influence of work discipline to professional competence there is influence of self concept to professional competence and there is influence of headmaster leadership, work discipline, and self concept to professional competence of elementary school teacher. Keywords : headmaster ‘s leadership, work discipline, self concept, professional competence of teachers