PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS XI IPSSMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR TAHUN AJARAN 2017/2018

Main Author: GUSTIAN AGUNG INDRAWAN, 1113033022
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55092/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55092/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55092/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55092/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasilbelajarsejarah kognitifsiswaSMAN 1 Terbanggi Besar tahun ajaran 2017/2018. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah “apakah model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMAN 1 Terbanggi Besar tahun ajaran 2017/2018?” Metode penelitian ini ialah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Terbanggi Besar pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random sampling.Sampel dalam penelitianini ialah siswa kelas XI IPS 3. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar sejarah pada materi Merkantilisme dan kapitalisme. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data penelitian adalah Program Microsoft Office Excel 2007. Hasil penelitian ini yaitu adanya peningkatan hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS 3. Hasil belajar sejarah siswa diperoleh dari Prapenelitian,Pertemuan I dan Pertemuan II dengan kriteria keberhasilan sebesar 70%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif sejarah siswa sebesar 48%. Kata kunci: hasil belajar sejarah, snowball throwing, peningkatan