PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Main Author: ANNIYA MUTIARA TSANI, 1423021070
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55087/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55087/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55087/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55087/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)dengan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.Penelitian pengembangan ini mengikuti alur penelitian pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018. Data penelitian diperoleh melalui angket dan tes pemahaman konsep.Data dianalisis secara deskriptif dengan melihat aspek kevalidan, kepraktisan, dan efektivitas LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) LKPD yang dikembangkan memiliki validitas yang baik, (b) respon siswa terhadap LKPD yang dikembangkan sangat baik, (c) LKPD dengan model PBM efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa karena lebih dari 70% siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Dengan demikian, LKPD dengan model PBM yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: LKPD, PBM, pemahaman konsep matematis DEVELOPMENT OF LKPD WITH PROBLEMS BASEDLEARNINGMODEL TO INCREASE UNDERSTANDING MATHEMATICAL CONCEPT OF STUDENTS This research aims to develop the Student Work Sheet that is valid, practice and effective with Problem Based Learning (PBL) to improve students' understanding of mathematical concepts. The subject of this research is the students of SMP Al-Kautsar Bandar Lampung,eight grade in the lesson year 2017/2018. This research follows of Borg & Gall’sresearch development. Instruments used are expert validation instruments, student response, and instruments understanding students' mathematical concepts. The data in this research were analyzed descriptively by looking at the validity, practicality, and effectiveness aspects of student work sheet. Based on data analysis of expert test of learning media and material, student work sheet developed has good validity. Student’s response to student work sheet very well, that is practice to be used, seen from the result of comprehension test of mathematical concept ofstudent work sheetstudent with effective PBL model because more than 70% students have fulfilled passing grade. Thus, student work sheet with the PBL model is valid, practice, and effective to improve students' mathematical understanding. Key words: student work sheet, PBL, mathematical concept