PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DAN PENGUASAAN KONSEP STRUKTUR ATOM
Main Author: | DWI SITI ASYIAH, 1113023016 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55083/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55083/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55083/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55083/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan mo¬del pembelajaran SiMaYang Tipe II pada materi struktur atom. Populasi da¬lam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014-2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel kelas X MIA 3. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan One Group Pretest – Postest Design. Kepraktisan model pembelajaran SiMaYang Tipe II diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP, respon siswa, obser¬vasi penilaian guru dan aktivitas siswa, sedangkan keefektivan model pembelaja¬ran SiMaYang Tipe II diukur berdasarkan peningkatan efikasi diri siswa dan n-Gain penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepraktisan mo¬del pem¬belajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi yang diukur berdasarkan keterlaksanaan RPP berkategori tinggi, res¬pon siswa berkategori sangat tinggi, observasi penilaian guru berkate¬gori tinggi, dan aktivitas siswa berkate¬gori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keefektivan model pem¬belajaran SiMaYang Tipe II berbasis multipel representasi yang diukur berdasarkan rata-rata efikasi diri terjadi peningkatan di akhir pembelajaran dengan kategori tinggi. Nilai rata-rata n-Gain untuk kelas X MIA 3 berka¬¬¬te¬gori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh (effect size) yang diukur berdasarkan rata-rata n-Gain posttest dan pretest, n-Gain penguasaan konsep dengan melakukan uji-t dan effect size berkategori besar, yaitu bernilai 0,86. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bah¬wa pembela¬jaran menggunakan model SiMaYang tipe II berbasis multipel repre¬sentasi pada materi struktur atom dikatakan praktis dan efektif dalam meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep.