PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PASAR TRADISIONAL (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung)

Main Author: ERRIYADI WIDHIASTUTI, 1416011035
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55059/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55059/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55059/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55059/
Daftar Isi:
  • Kondisi pasar tradisional yang kotor, becek jika hujan dan gelap, tidak tertata dengan baik (penjual yang sejenis tidak ditempatkan dalam satu lokasi yang berdekatan), merupakan faktorseseorang untuk tidak lagi berbelanja di pasar tradisional. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seperti apa persepsi mahasiswa Fisip Universitas Lampung terhadap pasar tradisional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswaS1 jurusan Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Administrasi Bisnis, Administrasi Negara, Hubungan International, Ilmu Pemerintahan, tahun 2014, 2015, 2016, 2017 di Universitas Lampung sebanyak 2.628 orang, dengan jumlah sampel 96 mahasiswa yang dipilih secara purposive sampling. Analaisis menggunakananalisis deksriptif kuantiatif dengan satuan persen. Berdasarkan perhitungan analisis data deskriptif pada penelitian ini, peneliti melakukan crosstab dengan menggunakan metode ujichi-square test untuk mengetahui hubungan antara baris dan kolom. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Persepsi Mahasiswa Terhadap Pasar Tradisional bahwa yang memilikipersepsi baik sebanyak 39 orang (40,6%), sedangkan yang mempunyai persepsi kurang baik sebanyak 57 orang (59,4%).Kemudian, berdasarkan hasil crosstabs umur dengan persepsi mahasiswa juga dapat disimpulkan responden terbanyak yang berpresepsi kurang baik ada pada umur 18-19 tahun berjumlah 34 orang (63,0%). Hasil crosstabs frekuensi berbelanja dengan persepsi mahasiswa terhadap pasar tradisional, frekuensi berbelanja kadang-kadang dan sering di pasar tradisional adalah yang paling banyak memiliki persepsi kurang baik, yaitu masing-masing sebesar 28 orang (49,1%). Setelah dilakukan olah data deskriptif, frekuensi berbelanja mahasiswa FISIP Universitas Lampung di pasar tradisional dalam seminggudapat ditarik kesimpulan adalah mahasiswa kadang-kadang berbelanja di pasar tradisional dalam seminggu, dengan frekuensi yaitu sebesar (47,9%). Kata Kunci: Persepsi, Mahasiswa, Pasar Tradisional PERCEPTION OF STUDENTSON THE TRADITIONAL MARKET Traditional market conditions that are dirty, muddy if it is raining and dark, not well organized (similar sellers are not placed in one adjacent location), is a factor for someone not to shop at traditional markets anymore. The aim of the study was to find out what the FISIP University Lampung students perceived the traditional market. The type of research used is descriptive quantitative research. The population in this study were S1 students majoring in Sociology, Communication Studies, Business Administration, State Administration, International Relations, Government Science, 2014, 2015, 2016, 2017 at the University of Lampung as many as 2,628 people, with a sample of 96 students selected by purposive sampling . Analysis uses quantiative descriptive analysis in units of percent. Based on the calculation of descriptive data analysis in this study, researchers conducted crosstab using the chi-square test method to determine the relationship between rows and columns. So, it can be concluded that Student Perceptions of Traditional Markets that have good perceptions are 39 people (40.6%), while those with poor perceptions are 57 people (59.4%). Then, based on the age crosstabs results with student perceptions, it can also be concluded that the majority of respondents who had poor perceptions were at the age of 18-19 years, amounting to 34 people (63.0%). Shopping frequency crosstabs results with student perceptions of traditional markets, the frequency of shopping sometimes and often in traditional markets is the one that has the most poor perception, which is 28 people (49.1%). After doing descriptive data processing, the frequency of shopping for Lampung University FISIP students in traditional markets in a week can be concluded that students sometimes shop at traditional markets in a week, with a frequency that is equal to (47.9%). Keywords: Perception, Students, Traditional Markets