PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATERI PEWARISAN SIFAT BERBASIS REPRESENTASI JAMAK UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP
Main Author: | DWI FEBRI HIDAYATI , 1523025008 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55039/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55039/2/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55039/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55039/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis representasi jamak materi pewarisan sifat yang valid, praktis, dan efektif dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa. Desain penelitian pengembangan ini digunakan untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifannya, sedangkan metode pengembangan yang dipakai adalah metode penelitian dan pengembangan R & D (Research and Devolopment) yang diadopsi dari Sugiyono (2009). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IXd sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas IXb sebagai kelas eksperimen 2. Kevalidan LKS hasil pengembangan ditunjukkan dengan hasil validasi ahli yang meliputi aspek kesesuaian isi dan konstruksi. Kepraktisan LKS dilihat dari keterlaksanaan LKS dan respon siswa. Efektifitas LKS berbasis representasi jamak dilihat berdasarkan pengelolaan pembelajaran oleh guru, aktivitas siswa, dan ketercapaian tujuan pembelajaran, yang dalam hal ini dilihat dari peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Data kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh dianalisis menggunakan uji normalitas, uji perbedaan dua rata-rata dan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis representasi jamak materi pewarisan sifat yang dikembangkan memiliki tingkat validitas isi dan konstruksi dengan kategori valid. Karakteristik LKS yang dikembangkan yaitu dikemas berdasarkan sintak model discovery learning yang mengacu pada indikator berpikir kritis dan disusun berdasarkan pendekatan representasi jamak. Berdasarkan aspek kepraktisan LKS dilihat dari keterlaksanaan LKS berkriteria sangat tinggi dan respon siswa yang tergolong positif. Efektifitas LKS dilihat dari aspek pengelolaan pembelajaran dengan kategori tinggi dan selama pembelajaran siswa juga melakukan aktivitas yang relevan dengan kegiatan pembelajaran dengan kategori sangat tinggi. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dapat dilihat dari N-gain dan nilai effect size yang berdasarkan kriteria Cohen's termasuk kategori “Large”. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa LKS berbasis masalah efektif untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil pengukuran indikator berpikir kritis yaitu memberikan penjelasan sederhana (elementary clarification), membangun keterampilan dasar (basic support), menyimpulkan (interfence), membuat penjelasan lebih lanjut (advance clarification), serta strategi dan taktik (strategy and tactics) mengalami peningkatan. Peningkatan tertinggi yaitu pada indikator membuat penjelasan lebih lanjut, sedangkan pada indikator berpikir kritis lainnya memiliki peningkatan dengan kategori sedang. Kata kunci: Lembar kerja siswa, representasi jamak, discovery learning, berpikir kritis abstract This study presents the validity of student worksheet based on multiple representation of inheritance properties topic, practice and the effectivity for fostering students’ critical thinking ability. The development design of this study was used to produce products and test their effectiveness, while the development method used was R & D (Research and Development) method adopted from sugiyono (2009). The participants who are student form class IXd as experimental of class I and class IXb as experimental of class II. Student evaluation result revealed that, on the whole, the suggested activities can fulfill most of the objective they are designated to achieve and they are suitable for fostering students’ critical thinking and conformity aspect of content and construction. In practice it could be seen by how they implement and response to the worksheet. The effectivity of student worksheet based on multiple representation is from teacher’s learning management. The data of students’ critical thinking ability was analyzed using normality test, difference of both average and calculation effect. vi The result of the study showed by validity of student worksheet based on multiple representation of inheritance properties topic in level of conformity content and construction. The characteristics of student worksheet was defined into two category that was syntax discovery learning model which is refers to the critical thinking indicator and plural representation approach. In practical aspects of student worksheet was seen from the implementation in high criteria the responses are positive category. Increasing students’ critical thinking could be seen from N-gain and value effect based on cohen’s criteria including “large” category. Thus, could be interpreted as student worksheet based on problem is effective for fostering students’ critical thinking ability. The result of measurement critical thinking indicator is giving simple explanation (elementary clarification), build a basic skill, intervention, further clarification, strategy and tactics and peak of the goals is indicator to make a further explanation while another indicator has been increased. Key word : student worksheet, multiple representation, discovery learning, critical thinking