PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS STRATEGI METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Main Author: | INDAH DAMAYANTI, 1623021030 |
---|---|
Format: | Masters NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55023/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/55023/2/TESIS%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55023/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55023/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis strategi metakognitif yang valid, praktis, serta efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Subjek penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu subjek uji coba lapangan awal dan subjek uji lapangan. Penelitian difokuskan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Bandarlampung. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan Dick, Carey dan Carey. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari analisis validitas bahan ajar, analisis kepraktisan bahan ajar, dan analisis efektivitas pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar. Analisis efektivitas pada penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney U dan N-Gain. Hasil studi pendahuluan menunjukkan kebutuhan dikembangkannya bahan ajar berbasis strategi metakognitif. Hasil validasi bahan ajar menunjukkan bahwa bahan ajar termasuk dalam kategori valid. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan bahwa bahan ajar termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis strategi metakognitif lebih baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan bahan ajar berbasis strategi metakognitif. Kata kunci : bahan ajar, berpikir kritis, strategi metakognitif ABSTRACT This research was a Research and Development study that aimed to produce teaching materials based on metacognitive strategies that was valid, practical, and effective to improve students' critical thinking skills. The subject of this study was divided into two, namely the initial field test subjects and field test subjects. The study focused on class VIII students at Bandarlampung 14 Middle School. This research refered to the Dick, Carey and Carey development model. The data analysis technique in this study consisted of qualitative data and quantitative data. Quantitative data obtained from the analysis of the validity of teaching materials, analysis of practicality of teaching materials, and analysis of the effectiveness of learning using teaching materials. The effectiveness analysis in this study used the Mann Whitney U and N-Gain tests. The results of the preliminary study indicated the need to develop teaching materials based on metacognitive strategies. The results of the validation of teaching materials indicated that teaching materials was included in a valid category. The results of small group trials showed that teaching materials fell into a very practical category. The results of field tests showed that learning using teaching materials based on metacognitive strategies is better for improving students' critical thinking skills compared to learning without using teaching materials based on metacognitive strategies. Keywords : teaching materials, critical thinking, metkognitive strategies