TINGKAT KEPUASAN ANGGOTA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA KOPERASI UNIT DESA (KUD) MINA JAYA KECAMATAN BUMI WARAS KOTA BANDAR LAMPUNG
Main Author: | RAHMAWATI HANDAYANI, (1214131079) |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS PERTANIAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/55009/1/ABSTRAK%20%28INDONESIA%20%26%20INGGRIS%29.pdf http://digilib.unila.ac.id/55009/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/55009/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/55009/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan anggota terhadap pelayanan KUD, tingkat partisipasi anggota KUD dan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi anggota KUD Mina Jaya Kecamatan Bumi Waras Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode survai. Responden dalam penelitian ini terdiri dari nelayan (pemilik kapal, nahkoda, ABK, KKM) dan non nelayan (pedagang ikan). Responden penelitian sebanyak 87 orang, terdiri dari 68 orang nelayan dan 19 orang non nelayan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai Mei 2017. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis, analisis tingkat partisipasi, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepuasan yang dirasakan anggota atas pelayanan dalam RAT, simpanan wajib dan pemanfaatan pelayanan unit usaha dalam kategori “puas”. Berdasarkan hasil IPA atribut yang menjadi prioritas utama yaitu dukungan prasarana fisik, petugas yang memadai, dan ketersediaan papan informasi; (2) Tingkat partisipasi anggota koperasi dalam RAT termasuk dalam kategori sedang, tingkat partisipasi anggota koperasi dalam membayar simpanan wajib termasuk kategori tinggi, sedangkan tingkat partisipasi anggota koperasi dalam pemanfaatan unit usaha termasuk dalam kategori rendah ; (3) Usia, lama keanggotaan, jenis kelamin, jenis pekerjaan, dan kepuasan anggota atas pelayanan koperasi berpengaruh positif terhadap tingkat partisipasi anggota dalam menghadiri RAT. Lama keanggotaan berpengaruh positif terhadap tingkat partisipasi anggota dalam membayar simpanan wajib. Tanggungan keluarga, jenis pekerjaan, dan kepuasan anggota atas pelayanan koperasi berpengaruh positif terhadap tingkat partisipasi anggota dalam memanfaatkan pelayanan unit usaha. Kata kunci : kepuasan, koperasi, partisipasi abstract This research aims to analyze the level of satisfaction members of KUD, the level of participation members of KUD, and the factors that affect the level of participation members of KUD Mina Jaya in Bumi Waras subsdistrict of Bandar Lampung City. This research uses survey method. The location of this study was purposively with the amount of people who works for living as a fisherman and unfisherman. Respondents of this research consist of fisherman (ship owner, ship crew (ABK), ship machine (KKM), and sailor) and non fisherman (fish merchant). Research respondents were 87 people that consist of 68 fisherman and 19 unfisherman. Data of this research was collected on January 2017 – May 2017. The data analysis method used was Customer Satisfaction Index method, Importance Performance Analysis method, analysis of participation rate, and multiple regression linear analysis. The results of research showed that (1) The satisfaction felt by members of the inner ministry RAT, mandatory savings, and utilization of business unit services in categories “satisfied”. Based on the results of IPA, the main priority attributes are sufficient physical infrastructure, staff support, and availability of information boards, (2) The level participation of cooperative members in RAT was included in the medium category, the level participation of cooperative members in paying mandatory savings is include in the high category, while the level of participation of cooperative members in the utilization of business units is include in the low category, (3) The age, the length of membership, gender, jobs, and member’s satisfaction of cooperation services have a positive correlation with the level of member participation of RAT attending. The length of membership has a positive correlation with the level of member participation in pay for obligatory deposits. Family burden, jobs, and member’s satisfaction of cooperation services have a positive correlation with the level of member’s participation on untilised the business unit services. Key words : cooperative, participation, satisfaction