STUDI KEBUTUHAN TEBAL PERKERASAN JALAN DITINJAU DARI POTENSI PENGEMBANGAN TANAH (SWELLING) PADA TANAH DASAR (SUBGRADE) YANG DIPERKUAT DENGAN BAHAN ADDTIVE KAPUR

Main Author: RESTON RAH TIMUR, 1315011095
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55006/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55006/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55006/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55006/
Daftar Isi:
  • Umumnya kerusakan pada perkerasan jalan disebabkan tanah dasar pada perkerasan jalan memiliki daya dukung tanah yang buruk, hal ini dikarenakan sifat tanah yang berpotensi mengalami pengembangan tanah akibat dari faktor cuaca dan lingkungan. Oleh sebab itu, perlu dilakukannya perkuatan pada tanah tersebut, salah satunya menggunakan bahan aditif kapur. Pada penelitian ini sampel tanah yang digunakan berasal dari Ruas Jalan R.A.Basyid, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan pada STA 3+100 dan variasi kapur yang digunakan yaitu 0, 4, 8, 12 dan 16 % dari berat tanah. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian CBR dari efek pegembangan tanah, lalu berdasarkan hasil pengujian tersebut, dilakukan perhitungan tebal perkerasan dengan metode analisa komponen SKBI 2.3.26.1987. Tanah pada penelitian ini termasuk kelompok A-7 atau jenis tanah yang buruk. Namun setelah penambahan variasi kapur, batas plastis meningkat sedangkan batas cair dan indeks plastisitas menurun, hal ini mengakibatkan pengembangan tanah terjadi penurunan pada 16% kapur yaitu dari 0,64% menjadi 0,05%, sedangkan nilai CBR mengalami peningkatan yang signifikan pada kapur 16% yaitu dari 1,8% menjadi 27,3%. Dengan hal ini tebal lapis menjadi lebih tipis, pada 0% kapur yaitu tebal D1=7,5 cm, D2=25 cm dan D3=46 cm, sedangkan pada 16% kapur tebal D1=5 cm, D2=17 cm dan D3 tidak digunakan. Kata kunci : CBR, Pengembangan Tanah, Tebal Perkerasan, Stabilisasi, Kapur abstract In general, the breakage of the road pavement is in consequence of the subgrade on the pavement have unsavory soil bearing capacity, due to the soil properties that has the potential to experience soil swelling by dint of weather and environmental factors. Therefore, it is necessary to strengthen the soil, one of which uses lime additives. In this study the soil samples used came from the R.A.Basyid Section, Jati Agung Subdistrict, South Lampung at STA 3 + 100 and the variation of lime used was 0, 4, 8, 12 and 16% of the weight of the soil. The test which is conducted was CBR testing of the effects of soil swelling, based on the results of the test, the calculation of pavement thickness was carried out by the method of analysis of components of SKBI 2.3.26.1987. The soil in this study included in the A-7 group or poor soil type. However, after the addition of lime variation, the plastic limit increased while the liquid limit and the plasticity index decreased, this resulted in the swelling of the soil decreasing 16% lime, from 0.64% to 0.05%, while the CBR value experienced a significant increase in lime 16 % which is from 1.8% to 27.3%. From these result, the thickness of the layers becomes thinner, at 0% lime, D1 = 7.5 cm thick, D2 = 25 cm and D3 = 46 cm, while in 16% thick limestone D1 = 5 cm, D2 = 17 cm and D3 is not used. Keywords: CBR, Soil Swelling, Pavement Thickness, Stabilization, Lime