PEMBEBANAN JARINGAN JALAN DARI PINTU KELUAR PELABUHAN BAKAUHENI DENGAN ADANYA JALAN TOL TRANS SUMATERA

Main Author: YOGO NOFIAN ARMANTO, 1315011117
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/55004/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55004/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55004/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/55004/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pembebanan jaringan jalan atau pemilihan rute perjalanan kendaraan yang keluar dari Pelabuhan Bakauheni dengan adanya Jalan Tol Trans Sumatera. Pemilihan rute melalui Jalan Tol Trans Sumatera oleh pengendara tentu akan berpengaruh terhadap waktu tempuh perjalanan yang berkurang, dimana nilai waktu perjalanan yang berlaku bagi masing-masing orang berbeda-beda. Dalam penelitian ini, data yang diperoleh dihitung menggunakan metode Kurva Diversi dengan teknik analisis data model JICA 1, Regresi Pengali, dan Logit-Binomial untuk mengetahui model pemilihan rute perjalanan, dan perhitungan nilai waktu dihitung menggunakan metode PCI. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persentase kendaraan yang beralih menggunakan Jalan Tol Trans Sumatera untuk mobil pribadi sebesar 78,74%, kendaraan barang atau truk sebesar 74,74%, dan bus sebesar 61,80%. Selanjutnya, hasil pemodelan pemilihan rute dengan kurva diversi didapat pada kendaraan mobil pribadi adalah model Regresi Pengali yang berarti semakin besar perbandingan waktu menggunakan jalan tol dari pada menggunakan alternatif jalan yang lain semakin besar persentase kendaraan beralih menggunakan jalan tol dan pemodelan pemilihan rute kendaraan truk adalah model Logit-Binomial yang berarti penghematan waktu perjalanan menjadi salah satu alasan pengendaran truk beralih menggunakan jalan tol. Pada perhitungan nilai waktu pada Jalan Tol Trans Sumatera lebih hemat dibandingkan dengan Jalan Lintas Sumatera. Kata Kunci: Pembebana abstract This research was conducted to determine the trip assignment or the selection of travel routes for vehicles coming out of Bakauheni Port with the existence of the Trans Sumatra Toll Road. The choice of route through the Trans Sumatra Toll Road by motorists will certainly affect the reduced travel time, where the travel value applies to each person is different. In this study, the data obtained using the Diversion Curve method with data analysis techniques model JICA 1, Multiplier Regression, and Logit-Binomial to determine the route selection model, and time value calculations using the PCI method. The results of this study indicate that the probability of vehicles switching to Trans Sumatra Toll Road for cars is 78.74%, trucks are 74.74%, and buses are 61.80%. Furthermore, the results of modeling route selection with diversion curves obtained in car vehicles are multiplier Regression models which means the greater the comparison of the time of using the toll road than using another alternative road the greater the percentage of vehicles switching to use the toll road and modeling of truck vehicle route selection and modeling of truck vehicle route selection is the Logit-Binomial model which means saving travel time is one of the reasons for driving trucks to use toll roads The calculation of the time value of the Trans Sumatra Toll Road is more economical compared to the Sumatra Highway. Keywords: Trip assignment, vehicle probability, route selection, time value