PERANAN BUDAYA 5S (SENYUM, SALAM, SAPA, SOPAN, SANTUN) DALAM MENINGKATKAN KEPATUHAN PESERTA DIDIK TERHADAP TATA TERTIB SMA PERINTIS 1 BANDAR LAMPUNG

Main Author: REZA PAHLEVI, 1313032070
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54988/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54988/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54988/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54988/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan mengenai peran budaya 5S (Senyum,Salam,Sapa,Sopan,Santun) untuk meningkatkan kepatuhan peserta didik kelas XI terhadap tata tertib di SMA Perintis l Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dengan populasi yang berjumlah 134 orang responden dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan tekhnik angket yang kemudian dihitung dengan rumus Product Moment ,speannan brown dan interval. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) untuk meningkatkan ketuhan peserta didik kelas XI terhadap tata tertib di SMAPerintis1 Bandar Lampung, yaitu pada indikator kognitif,afektif dan konatif berada pada kategori sangat berperan. Hal ini berarti peserta didik merniliki pengetahuan tentang budaya 5S serta meyakini bahwa budaya 5S cukup baik untuk diterapkan dan peserta didik sudah cukup melaksanakan program budaya 5S (Senyum,Salam,Sapa,Sopan,Santun) di lingkungan sekolah. Sehingga peserta didik selayaknya cukup patuh terhadap tata tertib yang berlaku di sekolah SMA Perintis l Bandar Lampung. Kata kunci : Budaya 5S (Senyum, Salarn, Sapa, Sopan, Santun ), KepatuhanTata Tertib.