PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SDN 1 METRO TIMUR
Main Author: | ABI ROHMAN , 1413053002 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/54944/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/54944/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/54944/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/54944/ |
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Cooperative Learning tipe team assisted individualization (TAI) terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SDN 1 Metro Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen Non-Equivalent Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal tes pilihan jamak untuk mengukur hasil belajar siswa dan angket untuk mengukur efektivitas penerapan model Cooperative Learning tipe team assisted individualization. Analisis data menggunakan rumus t-test separated varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttes pada kelas eksperimen sebesar 74,81. Rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol sebesar 60,88. Perbandingan rata-rata N-Gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol yaitu 0,35 dengan 0,17, selisih N-Gain kedua kelas tersebut sebesar 0,18. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test separated varians diperoleh data thitung sebesar 5,51, sedangkan ttabel sebesar 2,000. Perbandingan tersebut menunjukkan (5,51> 2,000) berarti Ha diterima Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif penerapan model Cooperative Learning tipe team assisted individualization (TAI) terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IVB SD Negeri 1 Metro Timur. Kata kunci: team assisted individualization, hasil belajar