PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PAJARESUK PRINGSEWU

Main Author: MURDO PRATIKTO , 1413053077
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54943/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54943/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54943/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54943/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Pajaresuk Pringsewu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 51 responden. Sampel penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dengan tes soal bentuk pilihan jamak dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test pooled varians yang diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen sebesar 78,80. Rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol sebesar 61,66. Perbandingan rata-rata N-Gain kelas eksperimen dengan kelas kontrol yaitu 0,42 dengan 0,09, selisih N-Gain kedua kelas tersebut sebesar 0,33. Hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test pooled varians diperoleh data thitung sebesar 6,137, sedangkan ttabel sebesar 2,000. Perbandingan tersebut menunjukkan katagori tinggi (6,137> 2,000) berarti Ha diterima. Terdapat pengaruh yang signifikan pada pengaruh pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Pajaresuk Pringsewu. Kata kunci: picture and picture, hasil belajar IPS.