PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PUGUNG TANGGAMUS
Main Author: | WERDA BARIROH , 1413024082 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/54933/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/54933/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/54933/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/54933/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Discovery Learning terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 1 Pugung Tanggamus pada pembelajaran IPA Biologi materi “Sistem Pencernaan Manusia”. Desain yang digunakan yaitu nonequivalent pretes-postes control group design. Sampel penelitian adalah kelas VIII1 dan VIII3 berjumlah 50 peserta didik yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Hasil aktivitas peserta didik dianalisis secara deskriptif menggunakan bantuan program Microsoft Excel, sedangkan nilai pretes-postes dan n-Gain dianalisis dengan uji Independent Sample t-test pada taraf kepercayaan 5% menggunakan program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model Discovery Learning terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik. Aktivitas peserta didik pada kelas eksperimen memiliki peningkatan dari pertemuan pertama ke pertemuan kedua dengan kriteria sangat aktif. Model Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi pokok “Sistem Pencernaan Manusia”. Kata kunci: aktivitas belajar, discovery learning, hasil belajar, sistem pencernaan manusia