EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS (Studi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Tri Sukses Natar Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019)
Main Author: | ADELINA SEPTIA, 1413021001 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/54928/1/1.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/54928/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/54928/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/54928/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning ditinjau dari pemahaman konsep matematis peserta didik. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII semester ganjil SMP Tri Sukses Natar ta-hun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 85 peserta didik dan terdistribusi dalam empat kelas. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIIIA dan VIIIB yang diambil secara cluster random sampling dengan desain penelitian posttest only control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes pemahaman konsep berbentuk uraian. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t dan uji proporsi. Hasil analisis diperoleh bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik dengan model discovery learning sama dengan model konvensional dan peserta didik yang memiliki pemahaman konsep matematis dengan nilai minimum 70 tidak lebih dari 60% dari jumlah peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model discovery learning tidak efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata kunci : efektivitas, discovery learning, pemahaman konsep matematis