EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Al-Kautsar Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019)

Main Author: ASRI DWITA , 1413021011
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54917/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54917/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54917/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54917/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model think pair share ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandarlampung tahun pelajaran 2018/2019 yang terdistribusi dalam sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VII D dan VII E yang diambil dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Withney U dan uji proporsi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model kooperatif tipe think pair share tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis, namun peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kata kunci: efektivitas, think pair share, pemecahan masalah matematis.