PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK INTERAKTIF TEORI RELATIVITAS BERBASIS LCDS UNTUK BELAJAR MANDIRI DAN MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Main Author: DITA HARYANINGTIAS, 1623022013
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54871/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54871/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54871/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54871/
Daftar Isi:
  • Keterampilan abad 21, menuntut siswa dapat berinteraksi dengan bahan ajar secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku elektronik interaktif fisika materi teori relativitas untuk belajar mandiri dan menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XII SMA. Metode penelitian yaitu penelitian pengembangan dengan prosedur pelaksanaan meliputi pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan draft produk, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan dan produk akhir. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, lembar observasi dan tes kemampuan berpikir kritis siswa. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk melihat kevalidan dan kepraktisan buku elektronik interaktif dan analisis kuantitatif digunakan untuk melihat keefektifan buku elektronik interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku elektronik interaktif teori relativitas berbasis LCDS hasil pengembangan, valid digunakan untuk belajar mandiri dan menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. Buku elektronik interaktif juga secara Dita Haryaningtias iii praktis dapat digunakan untuk belajar mandiri siswa. Kepraktisan berupa respons pengguna menunjukan bahwa buku elektronik interaktif sangat efektif, sangat interaktif, efisien, mudah digunakan, dan dapat digunakan untuk belajar mandiri siswa. Keterlaksanaan penggunaan buku elektronik interaktif dalam pembelajaran secara keseluruhan berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari keaktifan dan kemudahan siswa dalam menggunakan buku elektronik interaktif. Hasil uji efektivitas menunjukan bahwa penerapan buku elektronik interaktif dalam pembelajaran dapat digunakan untuk belajar mandiri dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa (p < 0.05). Hasil N-gain pada kelas eksperimen menunjukan bahwa besar perbedaan sesudah dan sebelum pembelajaran berkategori sedang ((g) =0.68) lebih tinggi dibandingkan hasil N-gain pada kelas kontrol ((g)= 0,36) dan hasil uji effect size dalam katagori sedang (d = 0.7273) serta rata-rata indikator berpikir kritis mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan buku elektronik interaktif. Kata kunci: buku elektronik interaktif, belajar mandiri, berpikir kritis ABSTRACT The 21st century skills, requires students to interact with teaching materials optimally. The purpose of this study was to develop interactive physics electronic books on the theory of relativity for independent learning and foster critical thinking skills of high school class XII students. The research method is development research with implementation procedures including information gathering, planning, product draft development, initial trials, product revisions, field trials and final products. Data were collected using questionnaires, observation sheets and tests of students' critical thinking skills. Data are analyzed qualitatively and quantitatively. Qualitative analysis is used to see the validity and practicality of interactive electronic books and quantitative analysis used to see the effectiveness of interactive electronic books. The results of the study show that the interactive electronic book of LCDS-based theory of relativity as a result of development is valid for self-learning and fostering critical thinking skills. Interactive electronic books can also be practically used for student self-learning. The practicality of user responses shows that interactive electronic books are very Dita Haryaningtias v effective, very interactive, efficient, easy to use, and can be used for student selflearning. The implementation of the use of interactive electronic books in overall learning is going well. It can be seen from the activeness and ease of students in using interactive electronic books. The effectiveness test results show that the application of interactive electronic books in learning can be used for independent learning and improving students' critical thinking skills (p <0.05). The N-gain results in the experimental class show that the difference between after and before moderate category learning ((g) = 0.68) is higher than the N-gain results in the control class ((g) = 0.36) and the effect size test results in the medium category ( d = 0.7273) and the average indicator of critical thinking has increased after learning by using interactive electronic books. Keywords: Critical thinking, interactive electronic book, self-study,