PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 5 METRO PUSAT
Main Author: | PUTRI AMELIA SARI, 1413053098 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/54849/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/54849/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/54849/3/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/54849/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dan positif model pembelajaran kooperatif tipe number head together terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Non-equeivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah sejumlah 72 siswa, pengambilan sampel adalah menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan angket dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan uji statistik t-test sparated varians yang diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe number head together terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas IV SD Negeri 5 Metro Pusat. Kata kunci: hasil belajar tematik, Number Head Together.