PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VA SD NEGERI 2 PRINGSEWU SELATAN

Main Author: EVI NUR INDAH SARI, 1313053054
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54847/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54847/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54847/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54847/
Daftar Isi:
  • Masalah ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 12 orang siswa dari 29 orang siswa dengan KKM 70. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VA di SD Negeri 2 Pringsewu Selatan melalui penerapan model cooperative learning tipe CRH. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan setiap siklusnya terdiri dari tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan teknik tes. Teknik anlisis data berupa analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe CRH dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I mendapat katagori “Aktif”, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa secara klasikasl pada siklus I termasuk dalam katagori “Tinggi”, kemudian pada siklus II meningkat menjadi “Sangat Tinggi”. Kata kunci: cooperative learning tipe CRH, aktivitas, hasil belajar.