PENGARUH LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 LIWA

Main Author: ROCHMAT SYARIFUL ZAKKIE , 1413022059
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54835/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54835/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54835/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54835/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh LKPD model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada materi Momentum dan Impuls terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Liwa dengan menggunakan desain penelitian the non-equivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA Negeri 1 Liwa. Data hasil penelitian diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan Independent Sample T-test. Hasil uji nilai Independent Sample T-test nilai Sig. (2- Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,00, maka dapat dinyatakan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan LKPD model pembelajaran Inkuiri Terbimbing lebih dari hasil belajar siswa yang menggunakan buku konvensional. Hal ini juga dapat terlihat dari rata-rata nilai N-gain hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,19 dengan kategori sedang, dan rata-rata nilai N-gain hasil belajar kelas kontrol sebesar 0,31 dengan kategori rendah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran menggunakan LKPD model inkuiri terbimbing pada materi iii Rochmat Syariful Zakkie Momentum dan Impuls mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan psikomotor. Kata kunci: LKPD, Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar