PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF YANG DILENGKAPI DENGAN EDUCATION GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Main Author: CITRA FERTIKA PUTRI , 1623021014
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54827/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54827/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54827/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54827/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif bangun ruang dan mengetahui efektivitasnya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian pada tahap implementasi adalah 34 siswa kelas VIII di suatu SMP Islam YPI 3 Way Jepara Tahun pelajaran 2018/2019. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran interaktif yang dikembangkan telah valid menurut ahli dan praktisi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) media pembelajaran interaktif termasuk dalam kategori praktis berdasarkan implementasi di lapangan, dan (3) pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran interaktif lebih baik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibandingkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif. Oleh karena itu media pembelajaran interaktif yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran interaktif, education game, pemecahan masalah matematis ABSTRACT The purpose of this study is to produce interactive learning media to build space and determine its effectiveness on students' mathematical problem solving abilities. This research is a development research that uses the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The research subjects at the implementation stage were 34 grade VIII students at a YPI 3 Islamic Middle School Way Jepara Academic Year 2018/2019. The research data was obtained through observation, interviews, and tests of students' mathematical problem solving abilities. The results showed that (1) the interactive learning media developed had been valid according to experts and practitioners to improve students' mathematical problem solving abilities, (2) interactive learning media included in the practical category based on implementation in the field, and (3) learning using learning media interactive is better for improving students' mathematical problem solving abilities compared to learning without using interactive learning media. Therefore, interactive learning media fulfilled the criteria of validity, practicality and effectiveness. Keywords: development, interactive learning media, educational games, mathematical problem solving