PENGEMBANGAN SISTEM NOTIFIKASI NOMOR ANTRIAN PASIEN PADA KLINIK CATUR ARIWIBOWO MENGGUNAKAN SMS GATEWAY

Main Author: PUTRI MELDA SUSANTY, 1417051110
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54819/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54819/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54819/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54819/
Daftar Isi:
  • Salah satu cara optimasi pelayanan kesehatan dapat dilakukan dengan mempermudah proses menunggu antrian. Pada Klinik Catur Ariwibowo, sistem antrian berobat pasien masih dilakukan secara manual sehingga banyak pasien yang menunggu urutan untuk dilayani. Hal itu kurang efisien karena banyak menyita waktu pasien untuk menunggu antrian. Dari permasalahan tersebut, maka diperlukan suatu cara untuk memudahkan pasien dalam melakukan antrian. Dalam penelitian ini, dikembangkan suatu sistem notifikasi nomor antrian pasien menggunakan SMS Gateway yang dapat mempermudah proses antrian pasien. Metode pengembangan dalam pembuatan sistem menggunakan Waterfall. Sistem yang dikembangkan ini memiliki fitur notifikasi. Sehingga ketika nomor antrian terdekat terpanggil, maka notifikasi antrian akan terkirim ke lima antrian selanjutnya. Pasien akan mendapatkan reminder berupa notifikasi untuk dapat segera kembali ke lokasi layanan kesehatan. Hasil dari penelitian ini telah dikembangkan Sistem Notifikasi Nomor Antrian Pasien Menggunakan SMS Gateway yang dapat digunakan untuk mengelola proses antrian pasien agar lebih efektif dan efisien. Kata Kunci: Pasien, Notifikasi, Nomor Antrian, SMS Gateway, Waterfall iii ABSTRACT One way of optimizing health services can be done by simplifying the process of waiting for a queue. At Catur Ariwibowo Clinic, the patient queuing system is still done manually so that many patients are waiting to be examined. It is less efficient because it takes a lot of time for patients to wait in the queue. From these problems, we need a way to make it easier for patients to queue. In this study, a notification system for patient’s queue numbers was developed using SMS Gateway that can facilitate patient’s queue process. Development method used for system development is Waterfall. This developed system has a notification feature. So when the nearest queue number is called, the queue notification will be sent to the next five queues. The patient will get a notification to immediately return to the location of health service. The results of this study have developed Patient’s Queue Number Notification System Using SMS Gateway that can be used to manage the patient’s queue process to be more effective and efficient. Keywords: Notification, Patient, Queue Number, SMS Gateway, Waterfall