EKSPLORASI PENGUASAAN KONSEP INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK SMPN DI KAWASAN PENYANGGA TNWK DENGAN DI KOTA
Main Author: | DIAN HANDAYANI , 1413024024 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/54817/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/54817/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/54817/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/54817/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengkaji penguasaan konsep interaksi makhluk hidup dan sikap peduli lingkungan peserta didik SMPN di kawasan penyangga TNWK dengan di kota serta bagaimana hubungannya. Desain penelitaian menggunakan ex post facto. Teknik pengambilan data menggunakan random sampling. Data penelitian diperoleh menggunakan tes dan kuesioner. Tes disesuaikan dengan KD 3.7 yaitu menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta dinamika populasi akibat interaksi tersebut. Kuesioner diukur menggunakan skala likert dan analisis menggunakan uji independent t test dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian tentang pengetahuan interaksi makhluk hidup peserta didik di SMP Negeri 1 Labuhan Ratu Lampung Timur (sekolah kawasan penyangga TNWK) termasuk dalam kriteria sangat tinggi sedangkan untuk peserta didik SMP Negeri 4 Bandar Lampung (sekolah di kota Bandar Lampung) termasuk dalam kriteria tinggi. Sikap peduli lingkungan peserta didik di SMP Negeri 1 Labuhan Ratu Lampung Timur (sekolah kawasan TNWK) termasuk dalam kriteria sangat tinggi begitu juga peserta didik SMP Negeri 4 Bandar Lampung (sekolah di kota Bandar Lampung) termasuk dalam kriteria sangat tinggi. Berdasarkan uji hipotesis terdapat perbedaan penguasaan konsep interaksi makhluk hidup dan sikup peduli lingkungan peserta didik SMPN kawasan penyangga TNWK dengan di kota. Selanjutnya didapatkan hasil terdapat hubungan yang signifikan antara konsep interaksi makhluk hidup dengan sikap peduli lingkungan, baik di sekolah kawasan penyangga TNWK maupun di kota. Kata Kunci : Kawasan penyangga TNWK, Interaksi Makhluk Hidup, Sikap Peduli Lingkungan