EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2017/2018)

Main Author: Retna Melati Prayuwari, 1343021013
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: UNIVERSITAS LAMPUNG , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54806/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54806/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54806/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54806/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Natar tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dan terplih siswa kelas VII-B dan VII-C sebagai sampel. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Analisis data yang digunakan uji t’ dan uji proporsi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Think Pair Share tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, pembelajaran Think Pair Share, pemahaman konsep matematis