EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMP Negeri 3 Natar Tahun Pelajaran 2017/2018)
Main Author: | Retna Melati Prayuwari, 1343021013 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
UNIVERSITAS LAMPUNG
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/54806/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/54806/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/54806/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/54806/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Natar tahun pelajaran 2017/2018 yang terdistribusi dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dan terplih siswa kelas VII-B dan VII-C sebagai sampel. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Analisis data yang digunakan uji t’ dan uji proporsi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Think Pair Share tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Kata kunci: efektivitas, pembelajaran Think Pair Share, pemahaman konsep matematis