PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 8 PESAWARAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Main Author: | WELLY HASVINDO, 1413033072 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/54770/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/54770/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/54770/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/54770/ |
Daftar Isi:
- Tinggi rendahnya hasil belajar siswa tidak semata-mata hanya ditentukan oleh usaha siswa itu sendiri, melainkan juga ditentukan oleh penggunaan strategi pembelajaran yang tepat oleh guru. Berdasarkan observasi yang dilakukan, diketahui pembelajaran pada mata pelajaran IPS semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 belum memenuhi KKM. Untuk mengatasi permasalahn tersebut, peneliti menggunakan strategi pembelajaran Active Learning Tipe Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Rumusan masalah penelitian ini adalah: “Apakah ada peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS melalui penerapan strategi pembelajaran Active Learning Tipe Index Card Match siswa Kelas VII di SMP Negeri 8 Pesawaran Tahun Ajaran 2017/2018?” Tujuan penelitian yaitu menganalisis dan mengetahui ada atau tidaknya peningkatan yang signifikan hasil belajar pada mata pelajaran IPS melalui penerapan strategi pembelajaran Active Learning Tipe Index Card Match siswa Kelas VII di SMP Negeri 8 Pesawaran Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode One Shot Case Study. Teknik analisis data statistik menggujikan nonparametrik dengan uji t. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan hipotesis kerja (H1) diterima, yakni “Terdapat peningkatan yang signifikan hasil belajar pada mata pelajaran IPS melalui penerapan strategi pembelajaran Active Learning Tipe Index Card Match siswa Kelas VII di SMP Negeri 8 Pesawaran Tahun Ajaran 2017/2018. Dengan membandingkan besarnya to observasi yang diperoleh dalam perhitungan yakni to observasi = 45,682 dan besarnya nilai ttabel (ttabel ts 0,05 = 2,631 dan ttabel ts 0,01 = 1,986) maka dapat diketahui bahwa nilai t observasi lebih besar dari nilai ttabel, yakni 1,986 < 45,682 > 2,631. Hasil ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar signifikan. HaI ini berarti, penerapan strategi pembelajaran Active Learning Tipe Index Card dapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Kata kunci: Penerapan, stategi pembelajaran Active Learning Tipe Index Card, hasil belajar