PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Author: ETI ERNAWATI , 1623053026
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54742/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54742/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54742/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54742/
Daftar Isi:
  • Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian kinerja pada pembelajaran tematik kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang merujuk pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan. Sampel ditentukan menggunakan teknik random sampling dengan sampel terpilih sebanyak 34 siswa SD Negeri 01 Kalipapan. Data dikumpulkan melalui lembar angket dan tugas kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian kinerja yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kelayakan secara teoritik dan empirik. Hal ini terbukti dari hasil perolehan angket oleh para ahli dan guru dengan hasil perhitungan reliabilitas yang memperoleh skor 0,67 yang membuktikan instrumen penilaian kinerja layak secara empirik. Kata Kunci : Instrumen penilaian kinerja, Pembelajaran Tematik. abstract This study aims to develop performance assesment instrument in thematic learning of 4th grader elementary school students. The type of research used is research and development that refers to Borg & Gall’s theory. The population of this study is all fourth grade students from the Elementary School of Negeri Agung District, Way Kanan Regency. Samples were taken by using Random Sampling technique with total of 34 students of Public Elementary School 01 of Kalipapan. Data were collected through questionnaires and performance task. The results showed that the developed performance assesment instrument was theoretically and empirically feasibility reliable. This was proved from the result of questionnaires by experts and teachers with the result of reliability test obtained a score of 0.67 which proved that the performance assessment instrument was empirically valid. Keywords: Performance assessment, Thematic Learning Instrument.