PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI SISWA SMP BERDASARKAN PERBEDAAN JENIS KELAMIN
Main Author: | Lulu’Atul Farida, 1413022042 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/54680/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/54680/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/54680/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/54680/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model ADI terhadap kemampuan argumentasi siswa dan perbedaan kemampuan argumentasi siswa berjenis kelamin laki-laki dengan perempuan setelah diterapkan model pembelajaran ADI. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 22 Bandar Lampung, pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019, dengan subjek penelitian menggunakan kelas VIII D dan kelas VIII A. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan menggunakan desain Pretest Posttest Non Equivalen Control Group Design. Teknik pengumpulan data dengan melakukan pretest dan posttest menggunakan soal essai model competiting theori yang mengacu pada skema kualitas argumentasi yang telah dikembangkan oleh Osborne, et al. (2004). Setelah diterapkan model ADI dalam proses pembelajaran, didapatkan hasil bahwa: (1) Terdapat pengaruh penerapan model ADI terhadap keterampilan argumentasi siswa SMP berjenis kelamin laki-laki dengan perempuan, yang ditunjukkan dengan nilai sig. sebesar 0,01 pada siswa laki-laki dan 0,02 pada siswa perempuan; (2) Terdapat perbedaan keterampilan argumentasi siswa SMP berjenis kelamin laki-laki dan perempuan setelah diterapkan model pembelajaran ADI, yang ditunjukkan dengan hasil uji effect size r, dimana pada siswa laki-laki memperoleh nilai effect size r sebesar 0,4246 dan pada siswa perempuan sebesar 0,4407, dengan kriteria perolehan hasil uji dalam kategori sedang. Kata kunci: Argument Driven-Inquiry (ADI), Keterampilan Argumentasi, Jenis Kelamin