PENGARUH DISCOVERY LEARNING TERHADAP METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMPN 10 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (Studi Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019)
Main Author: | LUSI RAHAYU NINGSIH, 1413024049 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/54652/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/54652/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/54652/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/54652/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh Discovery Learning terhadap metakognisi dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas VII semester ganjil SMP Negeri 10 Bandar Lampung pada pembelajaran IPA Biologi materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah non equivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah kelas VII A dan VII B yang berjumlah 60 peserta didik yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Data rata-rata nilai metakognisi peserta didik dianalisis secara deskriptif menggunakan bantuan program Microsoft excel. Data rata-rata nilai pretest, posttest dan N-Gain sebagai hasil dianalisis dengan uji Independent Sample t-Test pada taraf kepercayaan 5% menggunankan bantuan program SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model Discovery Learning terhadap metakognisi dan hasil belajar kognitif peserta didik. Metakognisi peserta didik pada kelas eksperimen memiliki rata-rata pencapaian skor lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Model Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning berpengaruh terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar peserta didik pada materi pokok pencemaran lingkungan dan dampkanya bagi ekosistem. Kata kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar Kognitif, Metakognisi