PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SIDODADI

Main Author: ANGGRA SEPTA ADITYA PUTRA, 1443053006
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54647/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54647/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54647/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54647/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 1 Sidodadi. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar tematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan menggunakan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar di Keluharan Kedaton yang berdistribusi di lima sekolah. Melalui teknik purposive sampling yang terpilih sebagai sampel adalah SD Negeri 1 Sidodadi. Instrumen yang digunakan adalah tes. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan uji-t. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar tematik pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sidodadi dan ada perbedaan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan menggunakan discovery learning dibandingkan dengan yang tidak menggunakan discovery learning di kelas IV SD Negeri 1 Sidodadi. Kata Kunci: discovery learning, hasil belajar, tematik abstract The problem in this research is the low of thematic learning result of fourth grade students of SD Negeri 1 Sidodadi. The purpose of this research is to know the influence of Jigsaw type cooperative learning toward thematic learning result. The method used in this research is quasi experimental by using non equivalent control group design. The population in this research is all the fourth graders of elementary school in Kelurahan Kedaton which is distributed in five schools. Through purposive sampling technique chosen as the sample is SD Negeri 1 Sidodadi. The instrument used is a test. Data analysis using Simple Regression and t-test. The result of the research shows that there is influence of cooperative type jigsaw on thematic model to the learning result of thematic in the fourth grade students and From the results of data analysis can be concluded that there are differences in student learning outcomes on thematic learning by using jigsaw compared with those not using discovery learning in the fourth grade students SD Negeri 1 Sidodadi. Keywords: discovery learning, learning result, thematic