IDENTIFIKASI KESULITAN GURU IPA DALAM MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN ASESMEN (Studi Deskripsi Pada Guru IPA SMP Se-Kecamatan Enggal Bandar Lampung)
Main Author: | REZA TIHARDILA , 1313024072 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/54641/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/54641/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/54641/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/54641/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kesulitan guru IPA SMP se-Kecamatan Enggal Bandar Lampung dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif sederhana. Sampel penelitian adalah guru IPA di SMP se-Kecamatan Enggal Bandar Lampung berjumlah 30 orang yang dipilih dengan teknik total sampling. Data kesulitan guru dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen diperoleh dari angket, wawancara dan profil latar belakang guru kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami guru dalam merencanakan asesmen dikategorikan tinggi sebesar 63% ± 16. Kemudian kesulitan guru dalam melaksanakan asesmen memiliki kategori cukup sebesar 47% ± 2. Kesulitan tertinggi dalam merencanakan asesmen yaitu dalam penentuan teknik (80%) dan bentuk asesmen (78%). Kesulitan tertinggi dalam melaksanakan asesmen yaitu pada pelaksanaan asesmen ranah psikomotorik (48%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru IPA SMP se-Kecamatan Enggal Bandar Lampung dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen masih mengalami kesulitan. Kata kunci: asesmen, kesulitan, guru IPA, merencanakan, melaksanakan