PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS IV SD NEGERI 7 KECAMATAN TEGINENENG

Main Author: YANTI MANDA SARI , 1413093060
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54638/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54638/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54638/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54638/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn siswa kelas IV SD Negeri 7 Tegineneng Kabupaten pesawaran Tahun Pelajaran 2017-2018, yang diketahui dari hasil observas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang bersifat daur siklus ulang, masing- masing siklus dilaksanakan melalui 4 Tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi serta soal tes, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 7 Tegineneng yang berjumlah 19 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur aktivitas guru di kelas digunakan data kualitatif yaitu lembar Observasi Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 89,47%, meningkat pada siklus II pertemuan II menjadi 94,73%, hal ini menunjukan adanya peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa siklus II pada pertemuan I dan pertemuan II sebesar 5,26%. Kata kunci : hasil belajar dan pembelajaran kooperatif tipe STAD