PENGEMBANGAN LKS LISTRIK STATIS BERBASIS MULTIREPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN PEMECAHAN MASALAH

Main Author: HELDA YANTI , 1623022004
Format: Masters NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54618/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54618/2/TESIS%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54618/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54618/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS yang memenuhi unsur kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dalam meningkatkan kemampuan metakognisi dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode penelitian menggunakan model R & D yang meliputi, studi pendahuluan digunakan untuk mengkaji kurikulum, mengkaji teori yang relevan, melakukan penyebaran angket; langkah perencanaan dan pengembangan digunakan untuk menyusun LKS, menyusun perangkat pembelajaran, lembar pengamatan, angket dan lembar validasi ahli; langkah uji lapangan digunakan untuk melakukan uji coba terbatas dan uji coba luas. Subjek penelitian ini adalah guru fisika dan 35 siswa SMA/MA di Bandar Lampung. LKS berbasis multirepresentasi REAL yaitu LKS yang menerapkan fasefase REAL diantaranya fase recognizing (mencari konsep target dengan konsep analogi atau konsep yang mirip), fase explaining (menjelaskan konsep target melalui beberapa representasi), fase applying (menerapkan konsep yang telah diperoleh ke dalam pemecahan masalah berbagai soal), dan fase looking back (melihat kembali melalui refleksi diri). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS hasil pengembangan memenuhi untuk: 1) uji kevalidan yaitu valid isi 78% dan konstruk 80%; 2) kepraktisan yang ditunjukkan dengan skor rerata keterlaksanaan pembelajaran dalam kategori sangat tinggi 81,5 dan respon positif siswa; 3) keefektifan yang ditunjukkan dengan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan kategori sangat baik 81.3, indikator aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran termasuk dalam kategori sangat aktif 80,56, dan terdapat peningkatan secara signifikan kemampuan metakognisi dan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah menggunakan LKS berbasis multirepresentasi. Kata kunci: Multirepresentasi, kemampuan metakognisi, pemecahan masalah ABSTRACT This study aims to develop worksheets that meet the elements of validity, practicality, and effectiveness in improving students' metacognition ability and problem solving. The research method uses a R & D model which includes four steps, namely a preliminary study used to review the curriculum, examine relevant theories, conduct questionnaires; planning and development steps are used to compile LKS, compile learning tools, observation sheets, questionnaires and expert validation sheets; Field test steps are used to conduct limited trials and extensive trials; and the step of dissemination. The subjects of this study were physics teachers and 35 high school students in Bandar Lampung. REAL multi-representation worksheets are LKS that apply REAL phases including recognizing phase (looking for a target concept with analogous concepts or similar concepts), explaining phase (explaining the target concept through multiple representations), applying phase (applying the concepts that have been obtained into the solution problems of various problems), and the phase of looking back (looking back through self reflection). The results showed that the development worksheets were fulfilled for: 1) validity test which was valid for 78% content and 80% construct; 2) practicality as indicated by the average score of learning achievement in the very high category of 81.5 and the positive response of students; 3) effectiveness shown by the teacher's ability to manage learning with very good categories 81.3, indicators of student activity during learning included in the very active category of 80.56, and there was a significant increase in students' metacognition ability and problem solving abilities after using multi representation worksheets. Keynote: multirepresentation, metacognition ability, problem solving