PENOKOHAN DALAM NOVEL SIRKUS POHON KARYA ANDREA HIRATA DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN DI SMA

Main Author: ARANTIKA ARVI SUWARDI, 1113041008
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54610/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54610/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54610/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54610/
Daftar Isi:
  • Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimanakah jenis penokohan dan teknik pelukisan tokoh yang terdapat dalam novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata dan bagaimana mengaitkannya ke dalam rancangan pembelajarannya di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis penokohan serta mengungkapkan teknik pelukisan tokoh yang terdapat dalam novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata, dan mendeskripsikannya ke dalam rancangan pembelajaran pada kelas XII di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata dengan tebal buku 410 halaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis teks, yakni dengan membaca keseluruhan isi novel, mengumpulkan data, memilah data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menganalisis jenis tokoh serta teknik pelukisan tokoh kemudian mendeskripsikannya. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan yaitu terdapat 17 tokoh dalam novel Sirkus Pohon dan ditemukan sebanyak 7 jenis penokohan di dalamnya yang meliputi tokoh utama, tokoh tambahan, tokoh antagonis, tokoh protagonis, tokoh sederhana, tokoh berkembang, dan tokoh tipikal. Selanjutnya, ditemukan bahwa novel Sirkus Pohon menggunakan dua teknik pelukisan tokoh, yaitu teknik dramatik dan teknik ekspositori. Kata kunci: tokoh, novel, jenis penokohan dan pelukisan tokoh