NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SIRKUS POHON KARYA ANDREA HIRATA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Main Author: | VIA DILLA SEPTIKA, 1413041077 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/54603/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/54603/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/54603/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/54603/ |
Daftar Isi:
- Masalah yang dibahas dalam penelitian ini bagaimanakah nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sirkus Pohon dan implikasinya pada pembelajaran sastra di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sirkus Pohon dan implikasinya pada pembelajaran sastra di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sirkus Pohon dan implikasinya pada pembelajaran sastra di SMA. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sirkus Pohon adalah nilai religius, nilai jujur, nilai kerja keras, nilai menghargai prestasi, nilai mandiri, nilai bersahabat, nilai tanggung jawab, nilai cinta tanah, nilai peduli sosial, nilai semangat kebangsaan, nilai cinta damai, nilai peduli lingkungan, nilai ingin tahu, nilai demokrasi, dan nilai gemar membaca Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sirkus Pohon memiliki implikasi terhadap pembelajaran sastra di SMA. Pembelajaran yang berkitan dengan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Sirkus Pohon terdapat pada kelas XII yaitu KD KD 3.9, yaitu menganalisis isi dan kebahasaan novel dan 4 yaitu merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan bacaan. Novel Sirkus Pohon dapat digunakan sebagai bahan ajar karena dapat menambah wawasan tentang nilai-nilai karakteristik tokoh cerita serta dapat menggunakannya sebagai referensi dalam membuat atau merancang novel dengan memerhatikan isi dan bacaan.