PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018)

Main Author: AJENG RACHMA FARIDA, 1313021004
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS FKIP , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54577/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54577/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54577/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54577/
Daftar Isi:
  • Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 26 Bandarlampung tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 233 siswa yang terdistribusi dalam 8 kelas. Sampel dari penelitian adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-D yang terpilih melalui teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Analisis data penelitian ini menggunakan uji statistik parametrik yaitu uji-t’. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata gain skor kemampuan penalaran matematis siswa dengan model Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, diperoleh kesimpulan bahwa Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci: penalaran matematis, pengaruh, problem based learning.