PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POSTER TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 17 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

Main Author: DWINITA MEILIA SARI, 1313033029
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54538/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54538/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54538/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54538/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi dengan guru IPS di SMP Negeri 17 Bandar Lampung pada 8 Desember 2016, terdapat siswa yang kurang termotivasi dalam proses pembelajaran IPS di kelas VIII .Penggunaan media yang bersifat visual dengan berisikan materi pembelajaran dapat membantu meningkatkan motivasi siswa dengan adanya bantuan gambar dan warna dalam isi materi pembelajaran, siswa dapat lebih cepat memahami materi. Rumusan masalah penelitian ini apakah penggunaan media poster berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 17 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018 . Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya pengaruh peningkatan penggunaan poster terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 17 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Sampel penelitian siswa kelas VIII menggunakan desain True-Experimental Designs . Data motivasi belajar siswa diperoleh menggunakan angket yang terdiri dari 16 butir pernyataan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan rumus presentase. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran poster berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 17 Bandar Lampung, yaitu test pertama kelas eksperimen dikategorikan 1 siswa Sangat Termotivasi (ST) presentase 3%, 20 siswa dikategorikan Termotivasi (T) presentase 69%, 8 orang dikategorikan Kurang Termotivasi (KT) presentase 28, test kedua 10 orang dikategorikan Sangat Termotivasi (ST) presentase 34%, 17 orang dikategorikan Termotivasi (T) presentase 59%, 2 orang dikategorikan Kurang Termotivasi (KT) presentase 7%. Kata Kunci : Motivasi, Pengaruh, Poster