PENGARUH AKTIVITAS PERMAINAN MEMANCING KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL SIMBOL HURUF ANAK USIA 4-5 TAHUN
Main Author: | REVI MULIA, 1413054042 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/54529/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/54529/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/54529/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/54529/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah belum berkembangnya kemampuan mengenal simbol huruf pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas pemainan memancing kartu huruf terhadap kemampuan mengenal simbol huruf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalalah metode ekperimen dengan desain eksperimen semu ( quasy experiment). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 Tahun yang berjumlah 40 anak dengan pembagian kelas A di TK Nurul Islam berjumlah 20 anak sebagai kelas ekperimen dan kelas A di TK Aisyiyah Bustanul Alfal berjumlah 20 anak sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang artinya aktivitas permainan memancing kartu huruf pada kelas eksperimen memiliki pengaruh sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal simbol huruf pada anak. Kata Kunci : anak usia 4-5 tahun, memancing kartu huruf, simbol huruf THE INFLUENCE OF ALPHABET CARD FISHING GAMES TO WORD RECOGNIZED ALPHABET SYMBOL SKILLS IN A RANGE OF 4-5 YEARS OLD The problem of this research was the lack of recognized alphabet symbol skills in range 4-5 years. This study aimed to know the effect of alphabet card fishing activities to recognizing alphabet symbol skills. The research method was conducted with quasy experiment. The research subject were 40 early childhood with division in A class of TK Nurul Islam were amounted 20 early childhood as a experiment class and A class of TK Aisyiyah Bustanul Athfal were amounted 20 early childhood as a control class. Data collection used observation and simple linear regression test. The result showed that there was significant difference between experiment class and control class, so it can be used to increase the recognize alphabet symbol of early childhood. Keywords: 4-5 years early childhood, alphabet card fishing, alphabet symbol