PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS LCDS PADA MATERI SUMBER DAYA ENERGI UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA

Main Author: MUHAMMAD FIKRI HASAN, 1413022046
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54500/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54500/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54500/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54500/
Daftar Isi:
  • Kegiatan pembelajaran fisika kelas XII semester genap memiliki waktu yang sangat singkat dikarenakan perlunya siswa untuk fokus pada Ujian Nasional sehingga materi yang disampaikan hanya sebatas materi yang dianggap penting dan sering mengabaikan proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang menumbuhkan berpikir kritis pada siswa. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan agar siswa dapat mempelajari materi kelas XII semester genap khususnya materi sumber daya energi maka peneliti mengembangkan e-book interaktif dengan pendekatan saintifik berbasis LCDS pada materi sumber daya energi untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kemudahan mengoperasikan, dan keterbacaan e-book interaktif yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah reseach and development. Desain penelitian yang digunakan merujuk pada penelitian pengembangan Sugiyono dengan menggunakan tujuh tahapan yang disesuaikan. Tahapan yang digunakan adalah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba, dan revisi produk. E-book interaktif yang dikembangkan berisi gambar, animasi, simulasi, video pembelajaran, pertanyaan esai, dan evaluasi interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-book interaktif yang dikembangkan tervalidasi secara desain dan materi dengan kualitas “sangat sesuai” dan rekomendasi “layak digunakan” sehingga e-book interaktif yang didesain dengan pendekatan saintifik valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar yang dapat menumbuhkan berpikir kritis pada materi sumber daya energi untuk mengatasi permasalahan waktu dalam proses belajar di kelas. Berdasarkan uji satu lawan satu, e-book interaktif mendapatkan skor 3,60 yang menunjukkan kualitas keterbacaan sangat baik dan 3,68 yang menunjukkan kemudahan pengoperasian sangat mudah.