PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING SISWA KELAS V SDN 16 TEGINENENG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: DIAN LUSIANA , 1513069073
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54414/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54414/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54414/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54414/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN 16 Tegineneng pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat pengumpulan data penelitian berupa lembar observasi dan soal tes.Teknis analis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 16 Tegineneng . Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, quantum learning