UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 54 GEDONG TATAAN KABUPATEN PESAWARAN
Main Author: | YULIANA SARI , 1513069071 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book Report |
Terbitan: |
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unila.ac.id/54413/1/ABSTRAK.pdf http://digilib.unila.ac.id/54413/2/SKRIPSI%20FULL.pdf http://digilib.unila.ac.id/54413/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf http://digilib.unila.ac.id/54413/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah masih kurangnya penggunaan media video sehingga prestasi belajar IPS siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 54 Gedong Tataan dengan menggunakan media video. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan dua siklus dan setiap siklusnya menerapkan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru dan siswa untuk menilai aktivitas guru dan siswa serta tes tertulis untuk mengukur prestasi belajar siswa dan juga dokumentasi untuk mendokumentasikan kegiatan. Analisis data yang digunakan untuk hasil tes siswa adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk mengukur prestasi belajar. Hasil penelitian ini bahwa penggunaan media video dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 54 Gedong Tataan. Kata Kunci : prestasi belajar, IPS, media video, siswa kelas V