PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REGULASI EMOSI PADA SISWA KELAS X MIA SMA MUHAMMADIYAH 1 WAY JEPARA LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: EVRIYEN TRI UTOMO, 1413052027
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book Report
Terbitan: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.unila.ac.id/54406/1/ABSTRAK.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54406/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54406/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
http://digilib.unila.ac.id/54406/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian adalah Apakah layanan bimbingan kelompok teknik permainan dapat dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan regulasi emosi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan layanan bimbingan kelompok teknik permainan dapat dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan regulasi emosi siswa pada kelas X MIA SMA Muhammadiyah 1Way Jepara Lampung Timur tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperiment dengan time series design. Subjek penelitian ini sebanyak 8 siswa yang memiliki kemampuan regulasi emosi rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala regulasi emosi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan regulasi emosi siswa setelah melakukan layanan bimbingan kelompok teknik permainan, analisis data pretest dan posttets menggunakan uji Wilcoxon Matched Pairs Test, diperoleh zhitung= -2,527<ztabel = 1,645 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian adalah layanan bimbingan kelompok teknik permainan dapat dipergunakan untuk meningkatkan kemampuan regulasi emosi pada siswa kelas X MIA SMA Muhammadiyah 1 Way Jepara Lampung Timur tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci : bimbingan konseling, teknik permainan, regulasi emosi.